Sejebag Tabanan

 

Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi duta pariwisata dan budaya Kabupaten Tabanan yang terpilih setiap tahunnya melalui serangkaian proses seleksi Jegeg Bagus Tabanan. Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan. Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan dibentuk pada tanggal 8 Februari 2006 dengan nama Paguyuban Semeton Jegeg Bagus Tabanan, sebagai media koordinasi dan tempat untuk menyalurkan kreatifitas dari para duta baik yang masih menjabat ataupun yang telah purna tugas.

Pada tanggal 21 April 2018, melalui musyawarah umum organisasi, nama Paguyuban Semeton Jegeg Bagus Tabanan secara resmi diubah menjadi Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan. Sejak awal didirikan pada tahun 2006, telah banyak  menyelenggarakan kegiatan yang tertuang dalam program kerja pengurus Sejebag yang menitikberatkan pada bidang pariwisata, budaya, dan sosial. Pada bidang pariwisata, Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan selalu berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan program promosi dan pemasaran dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan. Di sisilain, Sejebag juga memiliki program kerja berupa pembuatan video promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Tabanan dalam program “Explore Tabanan” yang dapat diakses melalui tautan berikut:  http://bit.ly/exploretabanan.

Pada bidang budaya, Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan setiaptahunnya secara rutin menyelenggarakan program “Festival Budaya” sebagai wadah bagi generasi muda di Bali, khususnya di Kabupaten Tabanan untuk menyalurkan minat,  bakat, dan kreatifitasnya dalam bidang seni tari dan budaya Bali. Kegiatan Festival Budaya dikemas dalam lomba tari Bali dan juga lomba busana adat, yang melibatkan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Tananan, serta Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Pada bidang sosial,  Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan telah melakukan berbagai kegiatan bakti sosial yang juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait. Bakti sosial yang telah kami lakukan berupa peningkatan kualitas kebersihan lingkungan, penyerahan bantuan kepada masyarakat, hingga pengenalan pariwisata dan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) untuk siswa sekolah dasar.

 

VISI

Menjadikan Pasemeton Jegeg Bagus Tabanan sebagai representasi generasi muda Tabanan yang memiliki kepedulian terhadap sektor pariwisata, budaya dan sosial, serta mampu menjadi anutan bagi generasi muda dan bermanfaat bagi masyarakat.

MISI

  • Memberikan wadah bagi anggota Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata, sosial, dan budaya.
  • Menggali dan memperkenalkan potensi wisata dan budaya daerah.
  • Membangun karakter generasi muda yang positif, berwawasan luas dan peduli terhadap kemajuan daerah.
  • Membangun sinergitas antara Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan dengan Semeton Jegeg Bagus se-Bali, Pemerintah dan masyarakat.

STRUKTUR ORGANISASI


PEMENANG JEGEG BAGUS TABANAN 2019

Pada pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2019, dinobatkan I Gede Billy Aditya Agansa sebagai Bagus Tabanan 2019 dan Ni Made Gita Kusuma Yanti sebagai Jegeg Tabanan 2019.

Foto bersama Jegeg Bagus Tabanan 2019 dengan Ratu Tjokorda Anglurah Tabanan dan Jegeg Bagus Tabanan 2018.


FOTO-FOTO KEGIATAN