Sejebag Karangasem

Organisasi Sameton Jegeg Bagus Karangasem merupakan sebuah wadah perkumpulan bagi alumni – alumni Jegeg Bagus Karangasem, yang tidak bisa dihilangkan keberadaanya, dengan tetap bersinergi dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem. Sameton Jegeg Bagus Karangasem atau yang lebih dikenal dengan Sajebag Karangasem merupakan salah satu organisasi social kemasyarakatan bagi kaum milenial yang sudah mengikuti ajang pemilihan Jegeg Bagus Karangasem dan sudah terpilih menjadi Finalis Jegeg Bagus Karangasem. Organisasi ini sudah dibentuk pada tahun 2006 dan sudah berusia 14 tahun sampai sekarang.
Cikal bakal Sajebag Karangasem muncul berbarengan dengan pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2007. Dimana, Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Karangasem pada masa itu, yang kini sudah berganti menjadi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, menggandeng para alumni Jegeg Bagus Karangasem tahun 2006 untuk ikut serta membantu dan memberikan ide serta inovasi terbaru untuk pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2007.
Sajebag Karangasem beranggotakan para alumni Jegeg dan Bagus tahun 2006-2020 yang sudah lolos menjadi finalis Jegeg Bagus Karangasem pada masa pemilihannya. Organisasi ini juga merupakan implementasi generasi muda untuk melakukan promosi dan melestarikan budaya dan pariwisata di Kabupaten Karangasem, agar tetap eksis dan dikenal lebih luas lagi oleh khalayak umum, dimana hal itu juga tidak terlepas dari tujuan Jegeg Bagus Karangasem yaitu sebagai Duta Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karangasem yang harus berperan aktif dalam hal promosi dan pelestarian warisan budaya dan pariwisata di Kabupaten Karangasem.
Seiring dengan perkembangan tekhnologi dan kemajuan pariwisata di Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem, organisasi Sameton Jegeg Bagus Karangasem semakin eksis dan dikenal oleh masyarakat umun. Dengan tagline Jegeg Bagus Karangasem yang telah ditetapkan yaitu “ Yowana Raksakeng Budaya” dimana mengandung makna generasi muda Karangasem yang harus dan tetap untuk melestarikan budaya dan pariwisaya yang ada di Kabupaten Karangasem.

 Saat ini Sajebag Karangasem sudah terus berperan aktif dan terus terjun langsung kemasyarakat, baik dalam hal pelestarian budaya dan pariwisata ataupun kegiatan-kegiatan social lainnya, seperti :

  1. Pelaksanaan lomba busana adat kepura yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya
  2. Pengenalan obyek-obyek wisata di kabupaten Karangasem melalui akun social media Sajebag Karangasem
  3. Pelaksanaan social charity bagi siswa siswi pendidikan dasar di sekolah-sekolah terpencil mengenai pola hidup sehat dan sejenisnya
  4. Pelaksanaan social charity berupa bantuan alat tulis, sembako dan lain sebagainya
  5. Berpartisipasi aktif dalam agenda pariwisata Pemerintah Kabupaten Karangasem

Dimana kegiatan-kegiatan tersebut senantiasa diupayakan agar bisa tetap dilaksanakan dan tentunya tetap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem.
Sejebag Karangasem memiliki struktur Organisasi sendiri, yang terbagi menjadi Ketua Umum, Ketua Harian I, Ketua Harian II, Sekretaris, Bendahara Umum, Bidang-Bidang dan Unit kegiatan khusus. Adapun bidang-bidang tersebut terbagi menjadi 4 bidang, yaitu :

  1. Bidang Kerohanian dan Rumah Tangga
  2. Bidang Humas, Publikasi dan Dokumentasi
  3. Bidang Kreatifitas dan Kesenian
  4. Bidang Sosial Kemasyarakatan.

STRUKTUR KEPENGURUSAN
Ketua Umum: I Komang Agus Wira Pranata, SE
Ketua Harian I: I Kadek Agus Darma Putra, S.Kom.
Ketua Harian II: I Wayan Dirsa Raditia
Sekretaris: Putu Tarisha Angira Ratriyana
Bendahara: I Putu Kurniawan, SE

Sie Kerohanian dan Rumah Tangga
Koordinator : Ni Putu Wida Putri Widari

Sie Humas, Publikasi dan Dokumentasi
Koordinator : I Gusti Ayu Ita Purnami

Sie Kreativitas dan Kesenian
Koordinator : I Gusti Agung Arya Wira Pratama, SH

Sie Sosial Kemasyarakatan
Koordinator : I Komang Agus Pharnawan


PEMENANG JEGEG BAGUS KARANGASEM 2020

Jegeg Karangasem 2019 : Ni Wayan Sutami Ekaningsari

Bagus Karangasem 2019 : Ida Bagus Sedana Adityatama


FOTO-FOTO KEGIATAN