Jegeg Bagus Bali 2021

Finalis Jegeg Bagus Bali 2021 (pic: panitia)

Denpasar (05/12). Bulan penutup tahun menjadi akhir kompetisi tahun ini. Pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Provinsi Bali berhasil di gelar pada 5 Desember 2021 tempo hari. Konsep pemilihan yang berbeda dari tahun sebelumnya ini mengambil lokasi di Ksirarnawa, Art Centre Denpasar yang disiarkan secara langsung klik disni dan dihadiri tokoh-tokoh penting pemerintahan Bali. “Kalangwaning Bhineka” adalah tema yang diangkat, mengartikan keberagaman ciri khas identitas kabupaten/kota yang ada di Bali bersatu dalam pemilihan Jegeg Bagus Bali kali ini. Proses demi proses telah dilalui oleh para finalis, dimulai dari kegiatan pra karantina disetiap minggunya, deep interview, dan berujung pada grand final. Pemilihan tahun ini juga mengalami beberapa perubahan, selain lokasi acara yang berada di dalam gedung, para finalis dan panitia juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seluruhnya juga telah dilakukan swab antigen di Balai Lab. Kes Provinsi Bali.

I Made Hariyoga, SS, MM sebagai Ketua Semeton Jegeg Bagus Bali sekaligus mewakili Panitia Pemilihan Jegeg Bagus Bali mengatakan bahwa ajang ini bukan hanya memilih duta pariwisata Bali saja, namun memilih generasi muda yang memiliki daya dan visi untuk mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Bali. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan SDM generasi muda di bidang pariwisata, juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas, jiwa sportivitas serta wawasan para finalis.

Foto bersama : Plt. Kadisparprov Bali, Wagub Bali, Kadisbudprov Bali, dan Ketua Semeton JBB (pic: panitia)

Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Bali, Cok Ace dan turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof. I Gede Arya Sugiartha, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Bali. Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace berpesan saat ini Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali telah menetapkan arah perekonomian Bali dengan disebut sebagai Ekonomi Kerthi. “Dalam konsep tersebut, Pemprov Bali akan mengembangkan berbagai pilar untuk menunjang perekonomian Bali yaitu Pertanian, Perikanan, Industri Kreatif, UKM/IKM dan yang terakhir adalah Pariwisata. Jadi saya harap semua peserta bisa memahami dan membagikan ke masyarakat terutama anak muda.”

Untuk pertama kalinya, Jegeg Karangasem berhasil menjadi pemenang dalam pemilihan Jegeg Bagus Bali. Putu Ratih Padmarini Gantari Sari (19) mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Bersama dengan Ratih, Bagus Denpasar I Gusti Ngurah Agung Gede Bramasta Ktana (18) yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana akan bersama-sama bersinergi dengan Disparprov Bali dalam mempromosikan kembali pariwisata Bali yang sempat tidur ditengarai pandemi Covid-19. Ratih dan Gung Bram, begitu kerap mereka disapa juga telah bersepakat akan selalu aktif dalam organisasi Jegeg Bagus Bali dan kembali memfungsikan peranan Jegeg Bagus Bali bukan hanya sebagai duta, namun lebih dari itu.

First Walk Jegeg Bagus Bali 2021 : Ratih dan Gung Bram (pic: panitia)

Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2021 menggandeng beberapa dewan juri yang merupakan alumni dari Jegeg Bagus Bali; Dewa Putu Metayana, SE (Human Resources Manager / RU II Bagus Bali 2008), Dewa Made Krisna Adhi Sanjaya, SH (Ombudsman Republik Indonesia / RU IV Bagus Bali 2013), I Dewa Nyoman Wiryantika, ST (RSUD Wangaya Denpasar / RU I Bagus Bali 2010), Putu Nanda Pramadya P (Dokter umum / Top 5 Jegeg Bali 2012), dan Ni Nyoman Ayu Andriani, SH, MH (Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparprov Bali).

Mengikuti setelah Ratih dan Gung Bram, posisi Runner Up 1 Jegeg Bagus Provinsi Bali 2021 diraih Jegeg Gianyar Ni Komang Tri Puspa Dewi dan Bagus Buleleng Made Yuda Pradnyana. Sedangkan posisi Runner Up 2 disabet Jegeg Tabanan Ni Made Gita Kusuma Yanti dan Bagus Gianyar IB Sony Andara Putra. Posisi Runner Up 3 direbut Jegeg Denpasar I Gusti Ayu Intan Chandra Dewi dan Bagus Karangasem I Kadek Pasek Kusuma Adi Putra.
Untuk predikat Jegeg Bagus Lingkungan yang diraih Jegeg Bagus Klungkung, Ni Kadek Lestya Adnyaswari dan Made Fandy Darma Putra. Sedangkan Jegeg Bagus Penampilan Terbaik disabet Jegeg Bagus Jembrana, Ni Ketut Ayu Krisna Devi dan I Made Agus Pretisentana Putra. Sementara predikat Jegeg Bagus Persahabatan diraih Jegeg Bagus Bangli, Ni Wayan Widya Ekarani dan I Dewa Yogi Ari Dwipayana.

Acara grand final ini juga menjadi momentum resminya keseluruhan peserta menjadi anggota Semeton Jegeg Bali yang akan mengemban tugas selama satu tahun kedepan. Pujian dan ucapan terima kasih juga tertuang dalam serangkaian acara kepada Pemerintah Provinsi Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Taman Werdhi Budaya Art Centre, seluruh Semeton Jegeg Bagus se-Bali dan seluruh sponsor yang telah mendukung dan berkerja sama untuk menyukseskan acara tersebut.

Sumber:
Panitia Pemilian Jegeg Bagus Bali
https://www.baliprov.go.id/web/tak-hanya-fokus-pariwisata-dan-budaya-wagub-cok-ace-harap-jegeg-bagus-bali-juga-bisa-sosialisasikan-program-program-pemerintah/
https://www.nusabali.com/berita/107933/duet-karangasem-denpasar-jadi-jegeg-bagus-bali-2021

Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2021