Jegeg Bagus Bali 2022

Opening dance Finalis Jegeg Bagus Bali 2022 menggunkan pakaian khas kab/kota. (pic:panitia)

Denpasar (26/11). Jegeg Denpasar Ni Putu Paramitha Wulandari (19) dan Bagus Badung I Gusti Ngurah Agung Kusuma Wardana (17) adalah Jegeg Bagus Bali 2022. Jegeg Mitha dan Bagus Gung Rai begitu mereka disapa merupakan yowana terpilih yang berhasil mengharumkan kabupaten/kotanya masing-masing. Jegeg Mitha adalah seorang mahasiswi sastra Jepang di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Sedangkan Bagus Gung Rai masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuta Utara. Mereka berhasil mengalahkan finalis lainnya dalam ajang pemilihan Duta Pariwisata tertinggi di Provinsi Bali Sabtu, 26 November 2022 di Natya Mandala ISI Denpasar. Grand final Jegeg Bagus Bali untuk ketujuh belas kalinya, kembali dilaksanakan dengan konsep yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemilihan tahun ini, mengambil tema “Winayacitta Danu Kerthi”. Tema yang terinspirasi dari visi Pemprov Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” bersumber dari salah satu nilai-nilai kearifan lokal “Sat Kerthi” yaitu “Danu Kerthi”. Filosofi air yang bermakna ketenangan, kejernihan, kemurnian dan kemuliaan dari kehidupan diharapkan akan mampu menjadi teladan bagi Jegeg Bagus Bali.

Penyelempangan atribut ADIK OJK Bali oleh Kepala OJK Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara. (pic: panitia)

Pada pemilihan Jegeg Bagus Bali tahun ini selain menjadi duta pariwisata, seluruh Jegeg Bagus Bali 2022 akan menjadi Agen Edukasi dan Inklusi Keuangan (ADIK) OJK Bali. ADIK OJK Bali merupakan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bali. Adapun nantinya ADIK OJK Bali akan berperan sebagai katalisator dalam meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Bali khususnya generasi muda, baik melalui media sosial dan kegiatan edukasi yang akan dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara.

Grand final Jegeg Bagus Bali 2022 dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, A.Par, M.M. Turut hadir Kepala OJK Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto, Staff ahli Gubernur Bali Wayan Serinah, Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus se-Bali, pihak sponsor dan orang tua. Dalam laporannya, Ketua Semeton Jegeg Bagus Bali periode 2022-2024 Ida Ayu Santhi Pinandita Erawan mengatakan pemilihan Jegeg Bagus tahun ini merupakan tugas pertamanya sebagai ketua umum Semeton JBB dan ia merasa bangga terhadap kekompakan panitia serta rekan-rekan Sejebag kabupaten/kota dalam menyukseskan proses pemilihan Jegeg Bagus Bali dari technical meeting sampai grand final. Terima kasih juga diucapkannya kepada OJK Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan seluruh pihak sponsor yang sudah membantu kelancaran acara ini. Sejalan dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, A.Par, M.M. juga berpesan “Seluruh Jegeg Bagus Bali diharapkan selalu menjadi teladan bagi yowana Bali dalam mewujudkan visi Pemprov Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru” ungkapnya sambil berpantun dengan para penonton.

Pada kesempatan itu, apresiasi juga diungkapkan oleh kepala OJK Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto “Inovasi yang dilakukan oleh Jegeg Bagus dan OJK merupakan salah satu langkah untuk melakukan proses akses percepatan keuangan di Bali, untuk itu saya sangat mengapresiasi kerjasama ini dan diharapkan akan selalu terjalin ke depannya” pungkasnya. Untuk itu, selain menggunakan selempang juara nantinya, seluruh Jegeg Bagus Bali juga menggunakan selempang atau atribut ADIK OJK Bali.

Fashion Show de Galuh by Tjok Abi. Model Sejebag Kab/kota se-Bali. (pic: panitia)

Turut memeriahkan Grand Final JBB 2022, disuguhkan peragaan busana de Galuh by Tjok Abi yang dibawakan oleh seluruh perwakilan model dari Jegeg Bagus Kab/kota se-Bali. Hal ini juga menjadi sebuah kontribusi semeton JBB dalam merangkul dan memberi andil bagi Sejebag kab/kota untuk berkolaborasi dalam pemilihan tahun ini. Penonton juga dimeriahkan oleh penampilan band lokal Bali “One Queen” yang menghibur para penonton di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar dan live streaming di kanal youtube Pemerintah Provinsi Bali.

Penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri yang terdiri dari Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si (Bidang Industri Pariwisata), Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., DrPH (Bidang Kesehatan, Travel Medicine), A. A. Sagung Vera Lakasmi Dewi, SE., MM (Disparprov Bali), Dewa Made Krisna Adhi Sanjaya, S.H (Ketua Semeton JBB periode 2018-2020). Selain memutuskan Jegeg Mitha dan Bagus Gung Rai sebagai juara Jegeg Bagus Bali 2022, mengikuti setelahnya Jegeg Badung Ni Nyoman Ayu Natasya Amanda dan Bagus Denpasar A.A. Bagus Ngurah Nararya Nata sebagai Runner-up I dan Jegeg Karangasem Ni Wayan Sutami Ekaningsari bersama Bagus Gianyar I Made Karuna Dwipa sebagai Runner-up II. Kategori lainnya yang juga dinilai adalah Jegeg Bagus Favorit, Best Video Promotion dan Best Social Project.

Sebagai penutup acara sore hari itu dan sebagai tugas pertama Jegeg Bagus Bali terbaru, Jegeg Mitha dan Bagus Gung Rai melakukan first walk dengan menggunakan crown dan bros kebanggaan JBB di depan para undangan yang hadir.

First Walk Jegeg Mitha dan Bagus Gung Rai (Jegeg Bagus Bali 2022). (pic: panitia)

Sumber:
Panitia Pemilian Jegeg Bagus Bali
https://disparda.baliprov.go.id/grand-final-jegeg-bagus-bali-tahun-2022/2022/11/
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2021