Pesona Bangli

Mendapat julukan “Kabupaten Dingin”, Bangli berada di titik tengah pulau Bali diapit diantara kabupaten lainnya. Didominasi dengan dataran tingggi dan terbagi menjadi 4 kecamatan yakni Bangli, Kintamani, Susut dan Tembuku menempatkan posisi Kabupaten Bangli terkurung daratan dengan jalur perbukitan jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Sejuknya udara khas pedesaan menciptakan suasana damai ketika berlibur ke kabupaten dengan segudang destinasi wisata tersembunyi saat berkunjung ke Bali.
Desa wisata, budaya, adat istiadat dan kuliner, ditawarkan Bangli untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi berwisata dengan paket komplit menghabiskan waktu bersantai memanjakan mata, menyegarkan tubuh hingga menenangkan pikiran.
Di mulai dari Kecamatan Bangli, terdapat desa wisata penglipuran yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia. Mengajak pengunjung melihat keseharian penduduk Bali asli yang beraktivitas sehari-hari dengan fasilitas penginapan rumah penduduk, mengadopsi tata ruang tradisi nenek moyang menjadi daya tarik tersendiri saat berada di desa yang juga menyajikan kuliner unik minuman loloh cemceman, perpaduan antara air kelapa dan daun cemceman yang dipercaya memiliki khasiat melancarkan pencernaan.

Sumber gambar: Instagram: @gede_darma_md
Sumber gambar: travelingyuk.com

Bertolak ke kecamatan Kintamani, kecamatan terluas di Kabupaten Bangli memiliki berbagai destinasi wisata andalan untuk dikunjungi. Danau Batur menjadi wisata bahari untuk siapa saja yang ingin bermalam menikmati suasana alam saat berkemah di bantaran kaki Gunung Batur. Melepas penat usai berkemah di pemandian air panas alami, dapat pula dijumpai di kecamatan yang memiliki desa Bali Aga dengan tradisi meletakat mayat tanpa dikubur di bawah pohon Taru Menyan. Mencicipi kuliner khas kintamani, Mujair Nyat-nyat tangkapan ikan dari Danau Batur menjadi agenda wajib saat berkunjung ke Kintamani.

Sumber foto: 99.co/blog
Sumber foto: Brobali.com
Sumber foto: sashylittlekitchen.com

Pura Taman Pecampuhan yang berara di desa Sala Kecematan Susut menjadi Wisata religi melengkapi beberapa tempat meruwat (Genah Melukat) di Kabupaten Bangli. Pada masing-masing pancoran tempat penglukatan dipercaya memilki berbagai khasiat, mulai dari kelancaran rezeki, penolak bala, penyembuhan penyakit dan doa-doa atau permohonan lainnya. Dengan 9 pancoran bersumber dari tebing yang terdiri dari Tirta Bolakan, Tirta Taman, Tirta Bumbung, Tirta Pandan, Tirta Tulakwali, dan Tirta Utama, mempertemukan 2 aliran sungai menambah keskralan destinasi wisata yang terkenal juga dengan 2 air terjunnya saat menyusuri sungai.

Sumber foto: balitoursclub.net

Menutup jalan-jalan di kabupaten Bangli tidak lupa bermain dan menikmati keindahan air terjun di dalam gua bak tirai rumah. Tukad Cepung berada di Kecamatan Tembuku memang berbeda dengan air terjun lainnya. Mengalir langsung ke kolam akibat jatuhmya air membentuk kolam alami jernih tempat yang cukup aman bagi wisatawan berenang hingga mengabadikan momen spesial untuk di unggah di akun media sosial.

Sumber foto: balitoursclub.net

Pesona keindahan Bangli selalu membagikan kesan tersendiri, menerapkan sapta pesona mengajak wisatawan untuk selalu memiliki hasrat tak terlupakan. Dari titik tengah pulau Bali, inilah Bangli memberi salam menyapa hingga kini dan nanti.

 

Penulis:
I Dewa Yogi Ari Dwipayana – Bagus Bangli 2021

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *