Perdana Disiarkan Secara Langsung: Inilah Pemenang Jegeg Bagus Gianyar 2021

Gianyar (11/4). “Dharma Raksata Raksita” Gianyar dengan bangga mempersembahkan pemenang Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar 2021. Ni Komang Tri Puspadewi, S.Kom (23) dan Ida Bagus Sony Andara Putra, SH (23) keluar sebagai pemenang Jegeg dan Bagus Gianyar teranyar. Masing-masing yang berasal dari kecamatan Tampak Siring dan Gianyar ini berhasil menjadi yang terbaik dari kesembilan pasang finalis lainnya.

Pemilihan JBG 2021 ini merupakan yang ke-16 kalinya. Sempat tertunda satu tahun ditengarai pandemi, kepanitiaan JBG 2021 tetap “jengah” untuk mengadakan pemilihan. Proses demi proses dilalui, akhirnya pada tanggal 11 April 2021 bertepat di Balai Budaya Gianyar, Grand Final JBG 2021 diadakan dan perdana disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Jegeg Bagus Gianyar . Pemilihan kali ini mengangkat tema “Local Creativity, Tourism Identity” yang bermakna manusia memiliki kreatifitas dan secara kolektif menjadikannya sebagai identitas.

Sama seperti pemilihan-pemilihan sebelumnya, para finalis melewati berbagai macam seleksi. Dari seleksi berkas, tes tulis dan wawancara. Finalis juga mendapatkan pembekalan yang dilakukan seacara daring dan melakukan sesi deep interview di Museum Subak Masceti bersama dewan juri. Ketua panitia pemilihan JBG 2021, Mudita Pradhana mengatakan Pemilihan JBG 2021 selain merupakan acara tahunan Semeton JBG, pemilihan ini bertujuan sebagai wahana penyaluran bakat dan pencarian bibik atau sosok duta pariwisata dan budaya kabupaten Gianyar. Sekaligus memperkenalkan dan mensosialisasikan sosok duta wisata daerah ke kalangan luas, dan menciptakan kepribadian yang baik, utuh, positif dan menarik dikalangan generasi muda Gianyar, jelasnya.

Acara yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A. A. Gede Putrawan merasa bangga dengan situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan komponen, kontraksi ekonomi, Semeton JBG tetap berinovasi dengan model dan gaya baru yaitu siaran langsung dengan penerapan protokol kesehatan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Semeton JBG yang optimistis sehingga acara pemilihan ini dapat berjalan lancar.

Pemilihan ini menggaet juri-juri ternama di Bali yang tentunya berkompeten di bidang keahlian masing-masing. Seperti, Tjok Abinanda Sukawati, Tjok Bayu Putra Sukawati, Dewa Putu Metayana, Sari Ayu Antari, Arya Dewi Darmastuti, Dika Saskra, Adi Saskara, Pasek Suarbawa dan Gita Permatasari. Merekalah yang berhasil menentukan pemenang yang layak dijadikan sebagai ikon generasi muda Gianyar selama setahun kedepan.

Melalui Pemilihan JBG 2021, harapan pemerintah Gianyar agar terdapat peningkatan SDM sekaligus membantu Dinas Pariwisata Gianyar untuk mempromosikan pariwisata Gianyar. Kegiatan ini sangatlah menopang, karena duta wisata Gianyar bisa mengetahui lebih tetang pariwisata Gianyar, tutup Bapak Kadis.

Sumber: Jegeg Bagus Gianyar (Mudita)
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2020