Jegeg Bagus Tabanan 2022 Angkat Tradisi Ngerebeg

Tabanan, (31/7). Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan yang ke-16 kalinya merupakan implementasi program kerja sebagai Duta Pariwisata dan Budaya Kabupaten Tabanan. “Pamahayuning Bhuana, Saka Nikang Rat, Sawen Ikang Ayu Prapta”yang bermakna bangkit bersama wujudkan harmoni semesta sebagai penanda spirit taksu Bali melalui duta menghantarkan Semeton JBT untuk menemukan wajah JBT terbaru. Ketua Panitia Pemilihan JBT 2022, I Putu Thomas Sujiwa, dalam laporannya menjelaskan selain memilih duta yang bertugas mempromosikan pariwisata dan budaya, pemilihan JBT juga untuk menentukan penerus dari duta pariwisata Kabupaten Tabanan yang sebelumnya. “Kali ini kami mengambil konsep salah satu tradisi yang ada di Kabupaten Tabanan yaitu “Ngerebeg” ungkapnya. Ngerebeg merupakan salah satu dari Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia berupa ritual mengarak keris yang berfungsi sebagai penakluk merana atau tolak bala.

Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. Bupati Tabanan memberikan apresiasi kepada JBT, karena telah sampai di grand final, dan telah menjalankan salah satu visi dan misi serta telah memiliki suatu keamanan, keunggulan, prestasi dan madani. “Adik-adik yang menjadi juara jadikan ini sebagai sebuah tantangan ke depan dan yang tidak mendapat juara, tidak menjadi masalah, yang penting intinya banggalah sebagai masyarakat Tabanan, banggalah sebagai pesemetonan Jegeg Bagus Tabanan” pesannya.

Rangkaian pemilihan JBT tahun ini dimulai dari seleksi tahap I yang dilakukan pada tanggal 20 Maret 2022, berupa tes tulis dan interview untuk menentukan 15 besar, seleksi tahap II yang dilakukan pada tanggal 27 Maret 2022, berupa tes upakara, bakat dan interview untuk menentukan 10 besar, prakarantina dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, serta Deep Interview, fashion show, dan Malam Penganugerahan yang dilakukan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 22 Juli 2022 lalu di The Anna Villa, Canggu.

Konsep Grand Final yang diusung berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bekerjasama dengan salah satu event organizer yang berbasis di Bali. Final JBT tahun ini menyuguhkan ide-ide yang berhasil direalisasi pada saat acara. Seperti kematangan audio dan visual yang ditampilkan, serta konsep digitalisasi juga tampak pada pelaksanaan acara. Lalu siapakah para pemenang JBT 2022? Ni Komang Wiranti Primadani (19) dan I Gusti Made Andrian Sumantri  (22) sebagai Jegeg Bagus Tabanan 2022, setelahnya Ni Putu Sabrina Abelia Putri dan I Komang Agus Tri Guna Yasa sebagai RU I, Ni Luh Komang Tri Maharani Dewi dan Made Dany Mahendra sebagai RU II. “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan sebagai leading sector kegiatan ini, para dewan pembina, alumni dan seluruh Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan karena telah mampu mengadakan pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2022” Ujar I Komang Agus Merta Dana, selaku ketua umum Pasemetonan Jegeg Bagus Tabanan.

Sumber: Jegeg Bagus Tabanan (Kartika), www.nusabali.com, www.tatkala.co
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2022