Jegeg Bagus Karangasem 2022

Amlapura (26/6). Made Ariskarhani Silaputri dan Anak Agung Eka Jaya dinobatkan sebagai Jegeg Bagus Karangasem 2022. Keduanya yang saat ini masih berada dibangku sekolah menengah atas di Karangasem, berhasil mengalahkan keseluruhan finalis pada ajang tahunan yang dinaungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem. Mengikuti setelahnya I Gusti Ayu Agung Putri Tarissa dan I Komang Adhi Aryawiguna sebagai Juara Runner Up I, Ni Made Gita Julianti dan Komang Mojar Sudhawan sebagai Juara Runner Up II.
Ariska dan Agung Eka saat ini memiliki tugas utama untuk menjaga dan melestarikan pariwisata dan budaya di Karangasem bersama Semeton Jegeg Bagus Karangasem lainnya. Hal tersebut juga sesuai dengan tema pemilihan JBK kali ini yaitu “Raksakeng Budaya Dharmaning Yowana Mahottama”. Tak hanya itu pemenang JBK teranyar juga akan mempersiapkan diri mewakili kabupatennya dalam ajang Jegeg Bagus Bali 2022 di tingkat provinsi.
Kegiatan diawali sejak 18 April 2022 dengan tahap pendaftaran, kemudian seleksi administrasi, dan tahap seleksi finalis yang menghasilkan delapan pasang finalis yang akan melanjutkan ke tahap pembekalan, pesona finalis dan deep interview. Kemudian mereka akan berakhir dan berkompetisi pada Grand Final 26 Juni 2022 lalu di Taman Budaya Chandra Bhuana, Amlapura. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Sekda I Ketut Sedana Merta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Astika, Duta Wisata se-Bali, para Sponsorship dan undangan lainnya yang memeriahkan acara malam itu.

Ketua Panitia Pemilihan JBK 2022, Gita Cahyani mengatakan, Ia merasa tertantang untuk melaksanakan kegiatan dengan minimnya anggaran dana. Tetapi dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Karangasem, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, pihak sponsor dan juga dari Semeteon Jegeg Bagus Karangasem, sehingga Ia bisa memimpin pelaksanaan kegiatan ini dengan baik dan sukses.
Dalam sambutannya, Bupati Karangasem Gede Dana berpesan menjadi jegeg bagus bukan hanya masalah cantik dan ganteng, tetapi bagaimana karakter, moral dan juga intelektualnya. Karena ketika seorang jegeg dan bagus memiliki hal tersebut maka aura kecantikan dan ketampanannya akan muncul. Ditambahkannya juga semoga pemilihan ini mampu menciptakan generasi muda yang mampu berkontribusi bersama pemerintah dalam memajukan Karangasem khususnya pada bidang kebudayaan dan pariwisata.


Telah terlaksananya Grand Final JBK 2022 membuat segala pihak yang terlibat merasa senang karena telah berhasil melaksanakan kegiatan setelah vakum satu tahun di tahun 2021 karena pandemi Covid-19 dan melaksanakan kegiatan ini dengan minimnya anggaran.
I Believe that your biggest weakness is when you give up, and your greatest power is when you try one more time” semoga dengan adanya Pemilihan JBK 2022 ini mampu menjadikan Semeton JBK sebagai wadah dan wahana untuk generasi muda dalam mengembangkan potensi dan kreatifitas dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Karangasem, pungkas Gita Cahyani.

Sumber: Jegeg Bagus Karangasem (Malinda)
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2022

Leave a comment

Your email address will not be published.

2 thoughts on “Jegeg Bagus Karangasem 2022”