Jegeg Bagus Karangasem 2020

Karangasem (30/10), Ni Wayan Sutami Ekaningsari dan Ida Bagus Sedana Adityatama keluar sebagai pemenang Jegeg Bagus Karangasem 2020. Masing-masing yang berasal dari SMAN 2 Amlapura dan STT Jagadhita – Sidemen ini berhasil menembus babak demi babak penyisian dengan lancar. Mengikuti setelahnya Jegeg Anak Agung Ayu Diah Candra Dewi, SMAN 2 Amlapura dan Bagus I Kadek Rizky Saputra, SMAN 2 Amlapura sebagai juara Runner Up I. Jegeg Ni Nyoman Ayu Gita Cahyani, SMAN 2 Amlapura dan Bagus Tjokorda Gede Agung Candra Widnyana Pemayun, SMAN 2 Amlapura sebagai juara Runner UP II. Keseluruhan finalis 10 besar JBK 2020 berasal dari berbagai kecamatan di kabupaten Karangasem, diantaranya: kecamatan Bebandem, kecamatan Karangasem, kecamatan Rendang, dan kecamatan Sidemen.

Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun ini mengambil tema “Yowana Sahya Aksata Budaya” yang berarti remaja yang mampu mempertahankan kebudayaan yang tidak terputuskan. Menurut ketua panita pelaksana, I Kadek Pasek Kusuma Adi Putra “Seluruh komponen kata pada tema Jegeg Bagus Karangasem 2020 mengutip dari bahasa Sansekerta dengan maknanya masing – masing. “Yowana” berarti remaja, “Sahya” berarti mampu mempertahankan, “Aksata” berarti tidak terputuskan, dan “Budaya” berarti tradisi yang diturunkan secara turun temurun pada suatu golongan masyarakat. Sehingga Yowana Sahya Aksata Budaya merupakan “Remaja mampu mempertahankan kebudayaan yang tidak terputuskan” jelasnya.
Pandemi COVID-19 memengaruhi hampir seluruh destinasi pariwisata di kabupaten Karangasem dan berbagai acara kebudayaan dibatalkan sehingga terkesan bahwa pandemi COVID-19 telah memutuskan rantai kreativitas dari kebudayaan itu sendiri. Meskipun demikian, para remaja Karangasem tidak berdiam diri saja sehingga mereka diharapkan tetap bangkit dan berjuang untuk tetap mengeksplor kebudayaan, mempromosikan pariwisata, dan mencari kader duta pariwisata selanjutnya. Dengan demikian, duta pariwisata selanjutnya sangat diperlukan pada tahun ini selain sebagai wujud melanjutkan tradisi diharapkan juga para remaja tersebut mampu mempertahankan kebudayaan kita di masa pandemi ini dan tidak akan terputuskan perjuangannya.

Ada yang unik dari Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2020, selain mengambil tempat di Taman Soekasada Ujung, di tahun ini khususnya pada acara fashion show dan grand final dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Karangasem Cultural Movement Carnival 2020 atau disingkat dengan KCMC 2020. Acara ini diselenggarakan sebagai media promosi unggulan kabupaten Karangasem yang akan membangkitkan gelora kepariwisataan yang tak melupakan budaya bangsa ditengah pandemi Covid-19.
Hal unik lainnya, dalam pelaksanaan Jegeg Bagus Karangasem 2020 tentunya memperhatikan protokol kesehatan seperti handsanitizer, masker, dan faceshield merupakan perlengkapan pokok, baik itu bagi peserta dan juga panitia, serta dilakukannya pembatasan pengunjung acara membuat acara ini berbeda dari sebelumnya. Acara ini hanya mendatangkan beberapa undangan saja dan selain undangan hanya dapat menonton melalui Live Streaming Media Sosial. Serangkaian hal tersebut merupakan tantangan baru bagi Jegeg Bagus Karangasem dalam melaksakan program kerjanya.
Selamat kepada seluruh pemenang. Harapan terbesar Sejebag Karangasem, semoga para duta pariwisata dan budaya kabupaten Karangasem yang terpilih saat ini mampu mengemban tugasnya dan menunjukkan dedikasinya dalam organisasi Jegeg Bagus Karangasem serta meningkatkan eksistensi kepariwisataan karangasem ditengah pandemi Covid-19.

Sumber: Jegeg Bagus Karangasem (Gus Darma)
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2020