Grand Final Jegeg Bagus Bali 2019

Malam grand final Jegeg Bagus Bali 2019 berlangsung di panggung terbuka Gedung Ardha Candra, Art Center, Denpasar, Bali, Sabtu (10/8/2019). Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa mengatakan Jegeg Bagus Bali 2019 mengusung tema Citta Rasa Karsaning Kerthi, yang memiliki arti memelihara sumber kebudayaan, berupa pikiran, rasa dan hasrat untuk kesejahteraan.

“Proses pelaksanaan dilaksanakan prakarantina sebanyak 8 kali pertemuan. Yaitu setiam hari Minggu. Mulai tanggal 16 Juni sampai dengan 4 Agustus 2019,” jelasnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama prakarantina yakni belajar melukis batik Bali, membagikan tas belanja di Pesta Kesenian Bali, lomba membuat canang sari dan sanggar cucuk, serta tirta yatra. Sementara, karantina dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 8-11 Agustus 2019 berupa pembekalan materi, keterampilan, dan penilaian. “Juara Jegeg Bagus akan menjadi duta wisata dan budaya yang akan mengikuti berbagai event tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya. Penilaian para grand finalis Jegeg Bagus Bali 2019 terbagi menjadi malam fashion show yang dilaksanakan pada 8 Agustus 2019. Dan malam bakat yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2019.

Untuk menjaga persaudaraan antar duta wisata, turut mengundang para duta wisata dari berbagai daerah di Indonesia, yakni Abang None Jakarta, Dimas Diajeng Jogjakarta , Raka Raki Jawa Timur, Mas Mbak Jawa Tengah, Mojang Jajaka Jawa Barat, dan Uda Uni Sumatra Barat.

Acara malam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2019 diawali dengan tarian pembuka oleh ke sembilan pasang finalis Jegeg Bagus Bali 2019, dilanjutkan dengan sesi penampilan dialog dari masing-masing perwakilan Kabupaten/Kota, barulah dilanjutkan dengan pengumuman 6 besar Jegeg Bagus Bali 2019, sesi tanya jawab, pengumuman 3 Besar Jegeg Bagus Bali 2019, Pengumuman Juara Atribut Jegeg Bagus Bali 2019, dan Pengumuman Jegeg Bagus Bali 2019. Sembari menanti pengumuman juara, penonton dihibur oleh Bondres Lawak Bali Dadong Rerod dan Penyanyi Pop Bali A.A Raka Sidan pada Malam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2019 di Panggung Terbuka Arda Chandra, Art Center – Denpasar. Di penghujung acara, Jegeg Bagus perwakilan Kabupaten Tabanan, yakni Ni Putu Sri Pratiwi dan Gede Made Cahya Trisna Pratama dinobatkan sebagai Jegeg Bagus Bali 2019. Sementara, runner up 1 diraih oleh Jegeg Buleleng dan Bagus Denpasar. Runner up 2 diraih oleh Jegeg Karangasem dan Bagus Gianyar. Runner up 3 diraih oleh Jegeg Badung dan Bagus Karangasem. Runner up 4 diraih oleh Jegeg Gianyar dan Bagus Badung. Runner up 5 diraih oleh Jegeg Denpasar dan Bagus Buleleng. Jegeg Bagus Penampilan Terbaik diraih oleh Jegeg dan Bagus Bangli. Jegeg Bagus Berbakat diraih oleh Jegeg dan Bagus Jembrana. Jegeg Bagus Persahabatan diraih oleh Jegeg dan Bagus Klungkung.

Turut hadir forum koordinasi pimpinan daerah, wali kota dan bupati se-Bali, ketua tim penggerak PKK se-Bali, Kepala Perangkat Daerah Provisi Bali, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota se-Bali, Kadis pariwisata Jogjakarta, Kadis Pepemudaan Provinsi Jawa Tengah, Kadis Kebudayaan DKI Jakarta, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, serta Kadis Pariwisata Provinsi Banten.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *