Abhinaya Anyar, Abipraya Gianyar: Jegeg Bagus Gianyar 2022

Gianyar, 13 Agustus 2022. Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar kembali digelar. Di tahun 2022 ini bertemakan Abhinaya Anyar, Abipraya Gianyar yang memiliki makna semangat yang baru, untuk Gianyar yang baru bangkit dari pandemi Covid-19. Balai Budaya Gianyar kembali diramaikan setelah setahun yang lalu grand final dilaksanakan secara terbatas dan hanya disiarkan secara daring. Namun di tahun ini, pemilihan dilaksanakan secara hybrid yakni, dapat disaksikan langsung dan secara daring pada kanal youtube Jegeg Bagus Gianyar.

Grand Final Jegeg Bagus Gianyar dibuka oleh Bupati Gianyar yang diwakili oleh Drs. I Made Suradnya, M.Si.  selaku Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gianyar dengan didampingi oleh I Wayan Wiarta selaku anggota DPRD Kab. Gianyar, Anak Agung Gde Putrawan, S.Sos., M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, dan I Wayan Gde Mudita Pradana selaku Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Gianyar.

Dalam sambutannya Kadis Pariwisata Kabupaten Gianyar mengungkap bahwa Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar tahun ini menggunakan pendanaan 100% hasil dari kerja keras kolaborasi dan sponsorship yang digencarkan oleh panitia Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar tahun 2022. “Apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sejebag Gianyar yang sudah bekerja secara optimal untuk mewujudkan acara pada hari ini serta dukungan dari seluruh pihak sponsor yang telah membantu kelancaran malam grand final.” imbuhnya. Bagitu pula Bupati Gianyar melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gianyar juga mengungkap tema Abhinaya Anyar, Abhipraya Gianyar merupakan tema yang sangat tepat untuk pecutan semangat yang berapi-api bagi generasi muda di Kabupaten Gianyar.

Setelah melalui berbagai macam prosesi, pemilihan JBG 2022 teranyar mengambil konsep berbeda. Dengan melakukan hanya satu hari seleksi, 10 besar finalis langsung ditentukan. Merekalah yang akan berkompetisi demi meraih gelar Jegeg dan Bagus Gianyar 2022. Langkah mereka sebelum melalui grand final adalah preliminary show dan deep interview. Mereka berlenggok menampilkan busana karya-karya desiner kebanggaan Gianyar dan mematangkan mental dalam menjawab setiap pertanyaan juri pada Sabtu, 6 Agutus 2022 di Taman Dedari, Ubud. Akhirnya pada malam final, terpilihlah wajah baru JBG, Jegeg Putu Dea Indah Kartini (20) dan Bagus  I Made Karuna Dwipa (21). Mengikuti setelahnya Runner Up I Jegeg Bagus Gianyar tahun 2022 diraih oleh Jegeg Kadek Clarissa Candraswari dan Bagus Anak Agung Gede Hery Agustino, serta posisi Runner Up II Jegeg Bagus Gianyar diraih oleh Jegeg Ni Kadek Aishwarya Vidyapith dan Bagus I Nyoman Widiarsana.

I Wayan Gde Mudita Pradhana selaku Ketua Umum Sejebag Gianyar mengucapkan selamat kepada Jegeg Dea dan Bagus Karuna yang telah terpilih sebagai Jegeg Bagus Gianyar tahun 2022 dan akan berlomba di ajang Jegeg Bagus Bali. Serta, dengan dikukuhkannya seluruh finalis pada malam grand final hari ini maka seluruh Semeton Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar siap untuk menggaungkan kembali keunikan dan kekhasan pariwisata Kabupaten Gianyar.

Sumber: Jegeg Bagus Gianyar (Mudita), www.rakyatbali.com 
Editor: Jegeg Bagus Bali (Cokde)
COPYRIGHT © JEGEG BAGUS BALI 2022